Jangan Hanya Fokus Kejar Omset Tanpa Bangun Aset

Jangan Hanya Fokus Kejar Omset Tanpa Bangun Aset

Dalam menjalankan roda bisnis kita, tentu kita ingin mendapatkan omset serta profit yang besar. Untuk meningkatkan omset, kita bisa melakukan beberapa hal, diantaranya meningkatkan kualitas produk kita, melakukan promosi dan branding, serta memberikan pelayanan terbaik kepada customer kita.

Dalam melakukan promosi dan branding, kita bisa menggunakan dua cara, yaitu promosi berbayar atau promosi secara gratis. Promosi berbayar bisa kita lakukan melalui media-media iklan seperti google ads, facebook ads, instagram ads dan lain sebagainya.

Untuk melakukan promosi berbayar, tentu kita memerlukan biaya yang tidak sedikit. Nah, pertanyaannya adalah "apakah anda ingin mempromosikan produk-produk anda secara gratis?" Bila kita bisa mempromosikan produk kita secara gratis kapanpun, tentu hal ini menjadi pilihan yang sangat baik.

Permasalahan berikutnya adalah seringkali kita telah melakukan promosi besar-besaran dengan biaya yang banyak namun ternyata tidak memberikan peningkatan omset kita secara signifikan. Hal itu bisa terjadi karena kita salah sasaran dalam melakukan penjualan atau anda telah menawarkan produk anda pada orang yang salah.

Nah, lalu bagaimana anda bisa menawarkan produk anda secara gratis, berulang dan tertarget? Salah satunya bisa anda lakukan dengan cara membangun aset.

Harus kita akui bahwa aset terbesar kita dalam melakukan penjualan adalah calon pembeli yang tertarget. Untuk itu jangan hanya fokus mengejar omset tanpa membangun aset.

Bagaimana anda bisa membangun aset ini?

Mari kita belajar dari Kolam Ikan Dewa Eka Prayoga. Kita bisa membangun aset dengan analogi kolam ikan. Bagaimana caranya?
  1. Buat kolam
  2. Masukkan ikan ke dalam kolan
  3. Kasih makan
  4. Pancing
Study Kasus

Anda ingin menjual produk hijab, maka anda bisa membuat kolam ikan berupa instagram, facebook, atau whatsapp. Setelah membuat kolam ikan anda bisa memasukkan ikan ke dalam kolam melalui iklan atau anda menawarkan sesuatu yang sifatnya gratis, misal ebook tentang menjadi muslimah yang lebih baik, link download ebook tersebut baru akan mereka dapatkan bila mereka mengikuti anda di facebook, instagram atau whatsapp. Dengan demikian anda akan memperoleh calon pembeli yang tertarget.

Nah, sampai disini anda telah memasukkan ikan ke dalam kolam anda. Langkah berikutnya adalah memberi makan ikan. Caranya adalah dengan memposting kata-kata bijak, tips-tips muslimah dan lain sebagainya. Berikutnya anda tinggal memancing dengan cara memberikan penawaran produk anda kepada calon customer anda.

Study kasus diatas hanyalah sebuah contoh, intinya adalah bila anda ingin meningkatkan omset bisnis anda, jangan lupa juga untuk membangun aset anda.