5 Kiat Terjitu dalam Membaca Peluang Bisnis untuk Pemula

PejuangBisnis.com - Siapa sih yang tidak ingin memiliki bisnis? Apalagi hasil dari berbisnis lebih menjanjikan ketimbang hasil bekerja. Tapi, bisnis apa yang tepat untuk anda? Atau, lebih krusial lagi pertanyaannya sekarang, bisnis apa yang bagus dan menguntungkan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka anda harus pandai membaca peluang bisnis. Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, bahwa mental pebisnis yang kuat dan sukses, salah satunya adalah handal dalam membaca peluang bisnis.

Apa itu peluang bisnis? Sederhananya, peluang bisnis adalah kesempatan dimana anda bisa memulai bisnis dan mendapatkan keuntungan dari suatu keadaan. Jadi, misalnya ada keadaan dimana manusia membutuhkan informasi.

Dari kebutuhan informasi ini, maka anda bisa memulai berbisnis menjual, memperbaiki, merakit, atau bahkan mengeluarkan produk smartphone sendiri untuk memenuhi keinginan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

Itu baru satu jenis kebutuhan saja. Dalam hidup manusia pasti memiliki tiga tingkat kebutuhan yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Seperti yang kita ketahui kebutuhan primer adalah kebutuhan yang jika tidak terpenuhi sifatnya akan mengancam keberlangsungan kehidupan manusia.

Sedangkan kebutuhan sekunder sifatnya melengkapi kebutuhan primer dan tersier juga melengkapi yang sekunder. Lalu, bagaimana membaca peluang bisnis atas keadaan manusia dengan ketiga jenis kebutuhan ini?

Harus Melek Finansial Dulu

Menurut Tung Desem Waringin, seorang motivator ulung yang juga memiliki kekayaan tinggi, langkah pertama dalam membaca peluang adalah melek finansial. Mengapa begitu? Anda pertama-tama harus menyadari dulu, mengapa anda harus berbisnis? Tentu karena anda membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan anda sendiri.

Namun berikutnya, anda juga harus sadar bahwa dalam berbisnis kita dituntut untuk selalu berkembang. Uang yang anda hasilkan dari bisnis harus dikembangkan lagi sehingga menghasilkan uang yang lebih banyak lagi.

Anda harus mengerti bahwa uang yang paling baik adalah uang yang berkembang. Kalau sudah melek finansial seperti ini, maka selanjutnya anda bisa membaca peluang bisnis untuk mengarahkan anda pada kebebasan finansial.

Kebutuhan Primer tidak Pernah Lekang Waktu

Karena yang namanya sandang, pangan, dan papan akan selalu dibutuhkan oleh manusia, maka peluang bisnis di bidang ini selalu terbuka lebar. Membaca peluang bisnis pada kebutuhan primer selalu saja mudah asal disesuaikan dengan lingkungan sekitar anda.

Di segmen pangan saja, ada banyak yang bisa anda lakukan. Misalnya membuka toko sembako, berjualan ketoprak/bakso/ayam penyet/ makanan lainnya, menjadi dropshipper atau reseller makanan kekinian, membuka katering online, dan lain-lain.

Pada segmen pangan, anda juga bisa menjual kembali produksi pakaian pabrik lain, menjahit dan menjual jilba/sweater sendiri, menjadi desainer, membuka klinik tas/sepatu, membuka jasa laundry, menjual sabun cuci, dan lain-lain.

Di bagian papan, anda bisa berbisnis kamar kos atau rumah sewa, menyewakan kamar tidak terpakai untuk wisatawan budget, menerima jasa dekorasi outdoor dan indoor, menjual properti developer tertentu, dan lain-lain.

Mulai dari Cita-Cita, Hobi, dan Keterampilan Juga Bisa

Membaca peluang bisnis juga bisa dilakukan dengan melihat ke masa lalu. Apa cita-cita dan imajinasi anda saat kecil dulu? Anda ingin menjadi pembalap misalnya, mengapa tidak mulai berbisnis dengan membuka bengkel saja? Atau jika anda bercita-cita menjadi dokter, mengapa tidak memulai bisnis menjual obat-obat dan suplemen kesehatan saja?

Selain cita-cita, anda juga bisa memulai bisnis berdasarkan apa yang anda sukai. Bahkan sudah menjadi rahasia umum bahwa pekerjaan yang paling mahal adalah hobi yang dibayar.

Anda hobi menggambar? Membuka biro desain atau menerima jasa menggambar karikatur untuk pembuatan plakat dan lukisan sekarang sangat menjanjikan.

Anda hobi berolahraga? Merekamnya dan membuat video tutorial olahraga dapat menaikkan follower dan membuat anda dilirik oleh perusahaan produk olahraga/kesehatan.

Berikutnya, tanyakan pada diri anda sendiri. Anda lihai dalam hal apa? Karena cita-cita dan hobi anda akan semakin mantap dan menguntungkan jika anda sendiri memiliki kemampuan untuk mengembangkan bisnisnya.

 Misalnya anda ingin membuka bengkel namun tidak memiliki keahlian teknis untuk memperbaiki kendaraan, maka anda bisa mencari orang untuk diajak bekerja sama sementara anda mengatur manajemen dan keuangannya.

Atau jika anda tidak menguasai keduanya, maka anda bisa menyediakan modalnya atau membaca peluang bisnis yang lain. Masih banyak peluang usaha yang bisa anda lirik untuk menjawab perubahan yang selalu terjadi di masa kini.

Inovasi Baru dan Mengganti Produk Lama dengan Yang Lebih Baik

Mungkin menurut anda semua peluang usaha sudah diisi oleh pebisnis lain. Ingin berbisnis makanan, sudah banyak yang menjual di sekitar lingkungan anda. Ingin berbisnis pakaian, otomotif, laundry, dan lain-lain semuanya sudah ada.

Tapi, anda bisa menambahkan nilai pada produk baik barang atau jasa yang sudah ada dengan berinovasi. Contohnya bisnis di bidang transportasi, sudah kita ketahui bahwa ojek sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Namun dengan berinovasi sedikit di bidang teknologi, membuat ojek bisa dipesan lewat smartphone, Go-Jek pun berkembang hingga sebesar ini. Tidak hanya ojek, sekarang makanan, laundry, layanan salon, pijat, bersih-bersih rumah, dan lain-lain bisa dipesan dan yang perlu kita lakukan hanya menunggu di tempat kita tanpa perlu pergi ke mana-mana.

Selain menambah nilai produk, anda juga bisa menciptakan produk baru. Misalnya, masalah sampah sudah lama ada di masyarakat. Anda bisa menciptakan mesin pendaur ulang atau penghancur sampah portable yang harganya terjangkau oleh mayoritas rumah tangga di Indonesia. Karena ini produk baru, anda pun bisa lebih leluasa dalam menciptakan brand. Anda dapat menggunakan kiat-kiat menciptakan brand yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

Baca JugaAnda Bisa Mencoba Bisnis Dropshipping Kalau Modal Anda Terbatas

Lihat Tren Pasar yang Sedang Hits Saat Ini

Yang satu ini merupakan cara membaca peluang bisnis yang membuat anda bisa meroket dalam waktu cepat. Namun sayangnya juga bisnis anda bisa kembali jatuh dalam sesaat. Hal ini disebabkan oleh tren yang selalu berubah-ubah. Meniru apa yang sudah diusahakan orang lain dan berhasil memungkinkan anda untuk berhasil juga.

Misalnya jika saat ini semua orang suka cheesecake, anda bisa membuka bisnis pembuatan kue yang satu ini. Namun karena tidak setiap hari orang akan memakan cheesecake, maka anda perlu sekreatif mungkin agar penjualan tetap terjaga sehingga modal anda akan selalu kembali dan keuntungan selalu ada.

Ternyata banyak sekali cara membaca peluang bisnis yang bisa anda terapkan. Entah itu dimulai dari dalam diri anda sendiri atau dari luar di lingkungan sekitar anda, yang paling terpenting adalah realisasinya. Karena sejatinya bisnis tanpa aksi hanyalah sebuah rencana.

Anda dapat membangun mental pebisnis sesuai dengan pembahasan kita pada waktu lalu untuk segera mulai, menjalankan, mempertahankan, serta mengembangkan bisnis anda. Ketika anda sudah berhasil mengembangkan bisnis, maka anda akan diantarkan pada kebebasan finansial.