Penghambat Utama Seseorang dalam Memulai Bisnis dan Cara Mengatasinya

PejuangBisnis.com - Kebanyakan orang enggan untuk memulai bisnis. Setidaknya ada dua kondisi yang menyebabkan orang tak kunjung memulai bisnis padahal mereka ingin sekali berbisnis.

#1 Mereka yang Merasa Tak Punya Modal Tapi Ingin Berbisnis

Berapa modalnya?
Darimana modalnya?
Bagaimana kalau bisnisnya gagal?
Bagaimana kalau rugi?
Bla...bla...bla...

#2 Mereka yang Punya Modal Tapi Tak Kunjung Memulai Bisnis

Modal ada, tapi mau bisnis apa?
Bagaimana memulainya?
Apa Saya mampu?
Tapi saya tidak punya waktu...
Bla...bla...bla...
Termasuk dalam kondisi yang manakah Anda? #1 atau #2 ?

Kalau Anda termasuk salah satu diantara dua kondisi diatas, bersyukurlah karena akhirnya Anda sampai di artikel ini.

Dalam artikel ini akan saya ulas secara detail hambatan utama seseorang ketika hendak memulai bisnis. Selanjutnya, bagian yang akan Anda baca ini sangat bagus buat Anda yang baru mau masuk ke dunia kerja.

Buat Anda yang saat ini sudah masuk dalam dunia kerja tetap baca sampai selesai ya? Karena ulasan selanjutnya ini juga bagus buat Anda.

#Persaingan yang Semakin Ketat

Tentu Anda tahu persaingan masuk ke dalam dunia kerja saat ini sangat ketat sekali, apabila Anda tidak memiliki skill yang mumpuni, akan sangat sulit bagi Anda untuk bersaing dengan sekian ribu para pencari kerja yang lainnya.

Maka, ketika dalam sekian kali tes kerja Anda tak kunjung berhasil, apakah Anda akan terus-menerus menghabiskan tahun-tahun pertama Anda setelah menyelesaikan studi untuk menunggu dan menunggu hingga Anda mendapatkan pekerjaan yang menurut Anda pas buat Anda?

Berapa tahun lagi Anda ingin menunggu?

Saya yakin Anda tidak akan mau menunggu terlalu lama. Ketika Anda tak kunjung mendapat pekerjaan akhirnya Anda mulai berpikir untuk bekerja seadanya saja, yang peting bekerja.

#Ingin Jadi PNS?

Saya rasa sudah tidak jamannya lagi kita memasukkan cita-cita ini sebagai daftar cita-cita karir kita. Tentu Anda tahu sendiri bagaimana kira-kira peluang Anda bisa jadi PNS saat ini?

#Sudah Kerja Tapi Penghasilan Segitu-Gitu Aja?

Kan katanya tidak apa-apa penghasilan sedikit namun berkah.
Lebih baik mana?
Penghasilan sedikit tapi berkah atau penghasilan banyak tapi berkah?
Kalau ada yang lebih baik kenapa tidak pilih yang lebih baik?

Banyak orang yang karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan akhirnya terperangkap dalam kondisi ini, yaitu sudah kerja tapi penghasilan segitu-gitu aja. Jangankan untuk bisa membangun rumah untuk keluarganya, memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulitnya bukan main.

Penghambat Bisnis

Keluarlah dari Zona Nyaman Anda

Banyak orang kesulitan keluar dari zona nyamannya. Misal, orang yang merasa nyaman dengan pemikiran bahwa "mereka baru akan aman apabila telah diterima kerja di suatu perusahaan atau instansi" maka energinya akan banyak digunakan untuk mewujudkan pikirannya itu.

Selama ini pemikiran kita banyak dipengaruhi oleh lingkungan kita. Ketika seseorang selesai studi dari salah satu instansi pendidikan misal, biasanya apabila tidak segera mendapat pekerjaan disuatu instansi atau perusahaan akan menjadi perbincangan orang.

Banyak cerita dari teman-teman mahasiswa yang menceritakan bahwa mereka secara sengaja menunda kelulusan studinya karena merasa belum bisa mendapat pekerjaan. Mereka menghindari apa kata orang ketika telah lulus namun tak kunjung bekerja.

Sebagian yang lain semenjak masih jadi mahasiswa mereka begitu hebat mulai merintis usaha sendiri. Nah, mereka-mereka ini adalah yang berhasil keluar dari zona nyamannya.

Demikian pula ketika seseorang yang telah bekerja sekian lama dan hasilnya segitu-gitu aja. Apabila orang ini ingin keluar dari zona nyaman nya dia sudah harus mulai berpikir dan bertindak untuk segera membangun aset atau keuangan mereka sendiri untuk keberlangsungan keluarganya.

Perasaan nyaman di zona nyaman semacam inilah yang nanti akan kita sebut sebagai "mental block".

Penghambat dalam memulai bisnis

Mengenali Mental Block dan Cara Mengatasinya

Ketika Anda merasa tidak punya modal sehingga tidak bisa memulai bisnis, kemudian ketika Anda terlalu merasa nyaman atau aman ketika bisa diterima kerja di perusahaan atau instansi pemerintahan, atau ketika Anda merasa nyaman dengan posisi pekerjaan Anda sekarang sehingga Anda enggan untuk mendapatkan posisi baru yang lebih potensial dan menjadikan Anda lebih berkembanga...

Berarti Anda sedang mengalami yang namanya mental block

Mental block secara sederhana dapat kita pahami sebagai mental yang menghambat seseorang untuk melakukan sesuatu yang bersifat positif.

Mental block sendiri bisa kita bagi menjadi dua, yaitu
#1 Mental Block Positif
#2 Mental Block Negatif

Mari kita ulas satu-satu kedua mental block tadi...

#1 Mental Block Positif

Misal ketika Anda merasa takut mencuri karena takut dosa, takut masuk neraka, takut dipenjara dan lain sebagainya, maka mental block yang seperti ini adalah mental block yang bersifat positif.

Mental block yang positif adalah mental block yang perlu Anda pertahankan dan Anda biarkan saja mengendap dalam diri Anda. Mental block ini akan mengontrol Anda untuk tidak melakukan sesuatu yang sifatnya dosa dan melanggar norma-norma hukum.

#2 Mental Block Negatif

Misal Anda ingin memulai bisnis namun Anda takut rugi, takut gagal, merasa tidak mampu,  merasa tidak punya waktu dan bla-bla-bla...

Itu artinya ada mental block negatif dalam diri Anda dan Anda harus segera membuangnya!

Mental block negatif inilah yang sebenarnya menjadi penghambat utama seseorang ketika hendak memulai bisnis. Modal bisa jadi ada, kemauan juga ada tapi kalau masih takut rugi dan masih merasa tidak mampu berbisnis maka inilah yang menjadi penghambat utama Anda dalam memulai bisnis.

Jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika hendak memulai bisnis adalah program ulang pikiran Anda. Ini adalah satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan.

Selama mental Anda belum terprogram dengan benar akan sangat sulit bagi Anda untuk benar-benar mau terjun ke dalam dunia bisnis. Apalagi dunia bisnis adalah dunia yang penuh resiko.

Stop dulu apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat dan perlu dibaca lebih banyak orang saya minta tolong kepada Anda untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda di media sosial.

Bagaimana Cara Memprogram Ulang Pikiran Kita?

Cukup mudah, ketika Anda hendak melakukan sesuatu yang positif namun dalam pikiran Anda muncul suatu keengganan untuk mau melakukannya, yang perlu Anda lakukan adalah seketika itu pula mengganti dan memrogram pikiran Anda tadi untuk mau melakukan pekerjaan itu.

Jadi, Anda cukup menjadi orang yang netral dan seperti biasa saja namun ketika Anda mulai menemukan mental block dalam diri Anda seketika itu Anda harus segera menghapusnya.

Misal, Anda ingin berbisnis. Tapi Anda takut rugi, merasa tidak punya ide bisnis, dan lain-lain. Perasaan dan pikiran ini adalah mental block bagi Anda dan Anda harus segera menghilangkannya.

Cara paling efektif adalah mengesampingkan sementara pemikiran itu dan mulai bergerak melakukan "take action"

Bagaimana ? Apakah Anda sudah mengerti?

Baca Juga6 Karakter Mental Pebisnis yang Wajib Dimiliki Jika Anda Ingin Sukses

Jadi, Apa Hambatan Utama Anda dalam Berbisnis?

Jawabannya adalah pikiran Anda, mindset Anda, mental Anda, bukan modal, bukan ide bisnis, bukan kemampuan.

Modal bisa dicari, ide bisa dicari, kemampuan bisa dilatih namun selama mindset Anda belum Anda program dengan baik semua itu akan menjadi sebatas keinginan saja.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Hambatan dalam Memulai Bisnis Tadi?

Segera lihat peluang dan take action. Belajar dan terus bergerak untuk terus berjuang merintis dan membangun bisnis Anda.

Jadilah seorang pejuang bisnis yang tak mudah putus asa, yang tak mudah merasa lelah, yang terus berinovasi, mencari-mencari dan melakukan yang terbaik.

Carilah lingkungan yang membangun, join grup-grup bisnis di media sosial maupun di kota tempat tinggal Anda agar ilmu dan semangat Anda senantiasa terbangun. Manfaatnya, ketika semangat Anda mulai kendor, akan ada alarm otomatis yang akan mengingatkan Anda.

Bagaimana? Sudah siap memulai bisnis? Sebelum Anda meninggalkan blog ini silahkan Anda subscribe terlebih dahulu agar saya dapat mengirimkan artikel-artikel bisnis, marketing, dan entrepeneurship kepada Anda segera setelah saya update artikel di blog ini.


Demikian tadi beberapa hal yang menjadi penghambat sebagian banya orang dalam berbisnis. Tidak ada cara lain, kecuali menghilangkan hambatan itu tadi mulai dari sekarang dan mulai dari diri Anda sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda...