3 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Para Pemula saat Memulai Bisnis Online

Anda mungkin sering mendengar atau membaca bahwa bisnis online itu sangat menjanjikan sekali. Seseorang yang telah menjalankan bisnis online bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta perbulan. Fantastis!

Memang benar, bahkan bisnis online berpotensi memberikan pasive income yang tak terbatas kepada Anda. Lalu, pertanyaannya adalah bagaimana Anda dapat memulai bisnis online hingga kemudian sukses?

Bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis offline pada umumnya. Apabila Anda pernah membaca atau mendengar bahwa bisnis online lebih mudah dimulai dari bisnis offline itu pernyataan yang tidak tepat sama sekali. Sama seperti bisnis pada umumnya, bisnis online juga memerlukan waktu, tenaga, pikiran dan kerja keras.

Nyatanya banyak diantara mereka yang memulai bisnis online namun tak kunjung menampakkan hasil, bahkan nyaris nihil. Mangapa ? Setidaknya ada tiga kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula ketika awal-awal memulai bisnis online.

3 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan oleh Para Pemula saat Memulai Bisnis Online

1. Tidak Fokus

Banyak calon pelaku bisnis online saat awal-awal memulai bisnisnya tidak fokus dengan bisnis onlinenya. Biasanya hal ini terjadi karena mereka mudah terbawa arus. Ketika melihat ada yang sepertinya lebih potensial mereka berbondong-bondong ke bisnis yang lain. Begitu dan seterusnya.

Kalau anda ingin berbisnis online maupun bisnis-bisnis lainnya, satu kata kunci yang harus Anda tanamkan dalam benak anda adalah "FOKUS".

Selain harus fokus dengan apa yang sedang anda lakukan, anda juga tidak boleh salah fokus. Apa maksudnya?

Kebanyakan orang ingin segera mendapat hasil yang cepat dan banyak. Fokus seperti ini keliru! Dalam bisnis apa pun ketika fokus anda hanya ingin mendapatkan hasil yang cepat dan banyak, maka hal ini berpotensi membuat diri anda cepat frustasi, putus asa dalam menjalan bisnis anda, kemudian akan membuat diri anda berhenti tidak melanjutkan bisnis yang sudah anda mulai.

Belajarlan untuk menikmati prosesnya jangan hanya mengejar hasilnya yang cepat dan banyak meskipun itu bisa anda lakukan. Bisnis itu prosesnya banyak liku-likunya. Banyak orang yang semangat luar biasa saat memulai bisnis, namun kemudian loyo di tengah jalan karena tidak bisa survive.

2. Terlalu Banyak Mencari Informasi, Tapi "No Action"

Kebanyakan mereka yang kemudian gagal memulai bisnis karena mereka overload dengan informasi-informasi yang masuk pada mereka sehingga justru membuat mereka bingung mau melakukan apa dulu, mau melakukan yang mana dulu.

Kesalahan fatal lainnya adalah banyak orang yang gagal memulai bisnis karena terlalu sering mencari informasi mengenai bisnis, tapi "no action". Mereka tidak bertindak dan mereka tidak memulai.

Untuk itu berhentilah mencari terlalu banyak informasi dan segeralah "take action" ketika Anda hendak memulai bisnis.

Baca Juga5 Kiat Terjitu dalam Membaca Peluang Bisnis untuk Pemula

3. Tidak Punya Pembimbing/ Mentor Bisnis

Anda boleh memulai bisnis sendiri tanpa mentor, namun konsekuensinya akan banyak trial & eror yang akan Anda lakukan. Ketika anda memulai bisnis tanpa mentor anda akan kesulitan mencari solusi saat anda dihadapkan dengan kondisi yang sulit dalam perkembangan bisnis anda.

Nah, kesalahan inilah yang sering terjadi pada para pemula. Mereka tidak memiliki mentor bisnis sehingga tidak ada yang membimbing mereka. Waktu mereka terlalu banyak dihabiskan dengan trial & eror.

Ketika anda memiliki mentor bisnis anda akan mudah mengetahui step by step yang harus anda lakukan dalam memulai bisnis anda karena anda memiliki pembimbing.

Nah, demikian tadi tiga kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemula ketika hendak memulai bisnis online dan bisnis-bisnis pada umumnya. Apabila anda termasuk yang melakukan tiga kesalahan diatas, sudah saatnya anda menata ulang pola dan strategi anda dalam memulai bisnis. Semoga bermanfaat.