9 Langkah Mudah Jualan Lewat Instagram

Tahukan anda bahwa tak kurang dari 45 juta orang Indonesia ternyata menggunakan instagram secara aktif, serta tercatat sebagai pembuat konten instagram story terbanyak di dunia? (sumber Tempo.co, Juni 2017)

Data diatas menunjukkan bahwa masih ada peluang untuk anda yang ingin jualan melalui instagram. Ketika anda ingin berjualan melalui instagram hal penting yang perlu anda perhatikan adalah jangan menggunakan akun pribadi untuk jualan. Upayakan gunakanlah akun khusus. Hal ini penting untuk salah satunya menciptakan brand anda sendiri.

Lalu, langkah-langkah apa saja yang harus anda lakukan ketika ingin memulai berjualan lewat instagram? Berikut ini akan kami paparkan 9 lagkah mudah jualan lewat instagram.

9 Langkah Mudah Jualan Lewat Instagram

1. Tentukan Produk yang Ingin Anda Jual

Setiap yang ingin jualan tentu harus punya produk. Maka, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan produk apa yang akan anda jual.

Bagaimana kalau anda tidak memiliki produk sendiri? Anda dapat menjual produk orang lain dengan sistem dropship, reseller atau anda bisa langsung bekerjasama dengan pemilik produk yang ingin anda bantu jualkan via instagram.

2. Tentukan Nama Akun dan ID Akun Instagram Anda

Setelah menentukan produk yang ingin anda jual sekarang saatnya menentukan nama akun instagram anda. Nama akun instagram ini nantinya akan menjadi identitas bisnis anda. Jadi, sebisa mungkin buat nama akun yang mudah di ingat, mudah dilafalkan, dan mewakili apa yang anda jual. Misal, bila anda berjualan baju balita anda bisa menggunakan nama akun Balita Shop.

Selain nama akun, yang tak kalah penting adalah menentukan ID instagram anda. Bila menungkinkan buat ID yang sama dengan nama akun anda. Misal, seperti contoh diatas anda membuat nama akun Balita Shop maka anda bisa menggunakan ID @balitashop.

Namun, pada keadaan tertentu mungkin ID yang anda pilih sudah digunakan oleh orang lain sehingga anda tidak dapat menggunakan ID tersebut. Maka, anda dapat menggunakan ID lain dengan menambah beberapa karakter, huruf, angka, maupun kata, misal @balita.shop, @balitashop99 @balitshop dan lain-lain.

Karena belum tentu nama ID yang anda siapkan bisa anda daftarkan ke instagram, maka buat setidaknya minimal tiga alternatif ID instagram. Sehingga, apabila ID instagram yang sudah anda siapkan sudah dipakai orang lain, anda masih memiliki cadangan id yang lain.

3. Buat Akun Instagram Anda

Sekarang saatnya anda membuat akun dengan nama akun dan ID yang sudah anda siapkan sebelumnya. Bila anda pemula dan belum pernah menggunakan instagram sebelumnya, anda dapat mencari tutorial cara mendaftar di instagram lewat google atau meminta bantuan kepada mereka yang lebih ahli.

4. Siapkan Gambar dan Deskripsi Produk yang Menarik

Siapkan gambar atau foto produk yang ingin anda jual. Siapkan foto produk anda dengan semenarik mungkin. Anda dapat memoles foto produk anda dengan menggunakan aplikasi design foto seperti photoshop atau menggunakan aplikasi design CorelDraw.

Apabila anda tidak punya keahlian menggunakan aplikasi design diatas, anda bisa melakukan editing foto produk melalui smarphone anda dengan menggunakan aplikasi Snapseed yang bisa anda download melalui playstore.

Langkah yang tidak kalah penting selain menyiapkan foto produk yang menarik adalah menyiapkan deskripsi produk anda. Buatlah deskripsi produk dengan semenarik dan sedetail mungkin dari mulai bahan, ukuran, warna, berat barang, bila perlu anda cantumkan juga cara pemesanan, cara pengiriman, testimoni, serta cantumkan kontak anda di deskripsi produk anda.

5. Upload 6 Produk Pertama Anda

Sebenarnya tidak harus enam. Anda boleh mengupload lebih dari 6 foto produk. Makin banyak makin baik, karena apabila anda telah memiliki banyak foto di akun anda, orang yang membuka akun anda akan melihat ada aktifitas di akun anda dan dapat melihat langsung apa saja yang anda jual.

6. Lengkapi Informasi di Bio Instagram Anda

Cantumkan keterangan produk apa saja yang anda jual, kontak hp/ wa, pin BBM, Line dan lain sebagainya sesuai kebutuhan. Bila anda memiliki website cantumkan juga alamat website anda agar bisnis anda terlihat lebih meyakinkan. Selain itu cantumkan pula alamat tempat bisnis anda. Hal ini penting untuk memudahkan calon pembeli anda mengenali siapa anda dan bagaimana mereka dapat menghubungi anda. Misal,

BabyShop menjual aneka pakaian dan perlengkapan bayi terlengkap.
Wa : 080123456789
BBM : B4BY5H0P
Website : babyshop.co.id
Alamat : Jalan Mawar No. 1 Jaya Pura Papua

7. Buat Akun Anda Menjadi Akun Bisnis

Instagram menyediakan fasilitas akun bisnis. Ubah akun instagram anda menjadi akun bisnis untuk memudahkan anda dalam menganalisa dan mengontrol aktifitas akun anda. Apabila anda belum bisa cara mengubahnya, silahkan anda cari di google dengan kata kunci "cara membuat akun instagram menjadi akun bisnis".

8. Cari Follower Sebanyak-banyaknya

Langkah ini biasanya adalah yang cukup sulit. Karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan follower yang mencapai angka ribuan. Namun, beberapa orang menyediakan jasa yang menjual follower. Anda dapat menggunakan jasa ini bila menginginkan agar cepat mendapatkan follower yang banyak. Harganya bervariasi bergantung penyedia jasanya.

Anda juga dapat mencari follower dengan cara menyertakan hastag disetiap postingan foto produk anda. Apabila orang tertarik biasanya mereka akan langsung membuka akun anda dan memfollow akun anda.

9. Update Secara Berkala

Selanjutnya anda tinggal update secara berkala produk-produk yang anda jual. Jangan lupa gunakan hastag produk, nama kota atau hastag-hastag yang sedang popular. Misal, #pakaianbayidipapua #jayapura #papuahits #jualpakaianbayimurahdipapua dan lain-lain.

Yang tak kalah penting adalah interaksi juga dengan calon custemer anda. Jawab semua pertanyaan yang mereka ajukan di kolom komentar maupun melalui pesan. Jangan ragu untuk saling follow, saling like, komen dengan follower anda. Selain update, anda juga dapat terus menambah jumlah follower anda.

Itulah tadi pemaparan singkat tentang 9 langkah mudah jualan melalui instagram. Buatlah inovasi-inovasi dalam mengembangkan akun bisnis instagram anda agar bisnis anda semakin berkembang. Telah banyak di luar sana yang terbukti sukses jualan hanya lewat instagram. Sekarang saatnya anda menjadi yang berikutnya.