Kisah Sukses Achmad Zaky Pendiri Bukalapak

PejuangBisnis.com - Bukalapak.com adalah salah satu situs jual beli online yang namanya sudah cukup eksis di dunia jual beli online dan masih ada sampai saat ini. Bagi yang suka berbelanja online pastilah sudah tidak asing lagi dengan situs jual beli online yang didirikan oleh Achmad Zaky ini. Dan kali ini kita akan membahas tentang kisah sukses  Acmad Zaky sang pendiri Bukalapak.com yang sangat menginsipirasi banyak orang.

Sumber Gambar profilbos.com
Cerita Singkat Achmad Zaky

Adalah pria asal Sragen, Jawa Tengah yang lahir pada tahun 1986. Dia adalah alumnus Perguruan Tinggi ternama di Kota Bandung jurusan Teknik informatika tahun 2008,setelah lulus kuliah Achmad Zaky sempat berkeinginan bekerja di perusahaan ternama BCG , namun keinginan itu harus dikubur dalam-dalam dikarenakan ia ditolak oleh perusahaan tersebut. Achmad zaky pun sempat berwira usaha menjadi penjual mi ayam, namun usaha itu tidak mampu bertahan lama dikarenakan penghasilan yang kurang memadai dan kurang nya pelanggan.

Prestasi Yang Telah Diraih

kecerdasan seorang Acmad Zaky mulai terlihat sejak dia masih duduk di bangku SMA, saat itu dia mewakili sekolah nya di ajang olimpiade sains tingkat nasional bidang komputer. Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA ia melanjutkan pendidikan nya ke jenjang yang lebih tinggi di Kota Bandung yaitu di Instistut Teknologi Bandung dengan  jurusan Teknik informatika.

Dia pernah mendapat IPK tertinggi dan tidak hanya itu, ia pun pernah mengikuti  sebuah kompetisi Indosat Wireless inovation contest dengan berhasil meraih juara 2 pda tahun 2007. Pada 2008 dia menyandang juara di ajang indonesia ICT Awards, tidak berhenti sampai disitu saja ia dikenal sebagai mahasiswa yang aktif dalam mendirikan organisasi-organisasi kemahasiswaan seperti pernah mendirikan TEC ITB dan aktif di ARC ITB.

Suitmedia 

Perusahaan yang bergerak di bidang konsultan website perusahaan ini di dirikan oleh Acmad Zaky sejak ia masih duduk di bangku kuliah. Di saat perusahaan ini sedang dalam masa berkembang pesat ia berpikiran untuk membuat situs yang bisa memberi akses fasilitas bagi penjual dan pembeli secara online dan dari situlah awal mula pembuatan situs jual beli online Bukalapak.com.

Bukalapak 

Achmad Zaky dan temannya mendirikan situs jual beli online yang tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung dengan dinamai Bukalapak.com pada tahun 2010. Di dalam mendirikan situs jual beli online ini pun ia banyak mengalami kesulitan dan kegagalan selama kurang lebih 6 tahun.  Pada awalnya dia bersama temannya harus ke sana kemari mencari para pedagang yang ada di supermarket-supermarket yang mau diajak untuk mengajak bergabung atau membuka lapak di situsnya namun tidak ada satupun pedagang yang minat membuka lapak di situsnya.

Perjuangan Zaky memang patut diakui, dari merayu pedagang di supermarket dengan hasil yang nihil diapun tidak menyerah. Hingga ahirnya ia mendapatkan dukungan penuh dari para kalangan UKM , para pelaku UKM justru malah banyak yang tertarik pada situs Bukalapak.com hingga akhirnya Achmad Zaky dan temannya merekrut pekerja ahli profesional yang tahu persis dan berpengalaman di dalam bisninya tersebut. Dari karyawan yang awalnya hanyalah beberapa orang saja hingga saat ini Bukalapak.com mempunyai ratusan karyawan dan total transaksi dari penjualannya sudah mencapai milyaran rupiah.

Investor Dan Perkembangan

Seiring waktu berjalan, Bukalapak.com semakin banyak dikenal orang sehingga berimbas pada jumlah transaksi yang semakin meningkat hingga dalam waktu satu hari jumlah transaksinya mencapai kurang lebih 5 milyar rupiah. Namun mereka belum bisa mendapat keuntungan hingga harus mengeluarkan biaya sendiri untuk menghidupi jual beli online Bukalapak.com.

Tetapi dengan melihat jumlah transaksi di Bukalapak.com yang sangat fantastis, membuat para investor mulai melirik atau berminat untuk menginvestasikan uangnya di Bukalapk.com. Investor yang tertarik adalah investor asing SOFTBANK dan SEQUOIA  dan ada suatu cerita pada saat Zaky dii tawari pembiayaan oleh SOFTBANK  dia malah menolak dikarenakan ia berpikiran bahwa SOFTBANK akan menguasai Bukalapak.com tapi yang terjadi justru SOFTBANK hanya ingin membeli saham 15% saja dan Bukalapak.com masih di bawah naungan Achmad Zaky.Dari ivestor-investor Bukalapak bisa berkembang lebih besar dan semakin dikenal banyak orang.

Semoga artikel kisah sukses Achmad Zaky pendiri Bukalapak bisa memunculkan ide-ide atau menginspirasi sehingga mampu merubah polapikir anda tentang berwira usaha dan bisa banyak belajar dari lisah sukses Achmad Zaky pendiri bukalapak, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini asalkan dilakukan secara sungguh-sungguh.