Kisah Sukses Rico Huang

Menjadi seorang pengusaha muda tidaklah mudah, anda harus melewati proses demi proses yang cukup panjang. Namun bukan  tidak mungkin jika proses yang panjang tersebut dapat anda jalani dengan waktu yang cukup singkat. Rico Huang contohnya, seorang pengusaha muda yang sukses di umur 20an. Lahir di Jakarta, tanggal 14 November 1995 dari keluarga yang sederhana. Ayah dan ibunya seorang penjual jam tangan. Kisah sukses Rico Huang telah menjadi inspirasi bagi pemuda yang ingin mulai berbisnis di usia muda.

Berawal dari terbakarnya rumah keluarga Rico dan kendaraan ayahnya yang pernah di curi oleh orang, membuat orang tua rico harus bekrja lebih ektra untuk menghidupi keluarganya. Saat itupun Rico mempunyai keinginan dan bertekad untuk memperbaiki perekonomian keluarganya dan membuat ekomi keluarganya lebih maju. Dari sinilah kisah sukses Rico Huang dimulai.


Bisnis Kuliner dan Kaos

Saat duduk di bangku SMA, pemuda 22 tahun ini memulai bisnis pertamanya dengan berjualan nasi uduk yang dia ambil dari tetangganya. Kemudian nasi uduk tersebut, dia jual kepada teman-teman di sekolahnya. Namun usaha ini tidak berjalan lama, karena pihak sekolah melarang seluruh siswa untuk tidak berjualan makanan dalam bentuk apapun di sekolah.

Setelah itu, Rico mencoba bisnis kaos oblong dan ditawarkan kepada teman-temannya di sekolahnya. Rico berhasil memperoleh uang bersih sebesar 500 ribu setiap bulannya, namun saat dia mencoba stok barang, barangnya tidak laku dan dia memperoleh kerugian sebesar 1 juta.

Karena tidak laku, Rico beralih berjualan mie ayam. Namun bisnis juga juga gagal Rico tekuni kerena keterbatasan ilmu dan backround bisnis kuliner. Dalam bisnis ini, Rico mengalami kerugian hingga 15 juta dalam waktu 4 hari.

Sempat merasa shock dengan kegagalan dan kerugian yang dia alami, namun semangatnya membuat Rico bangkit lagi dan tidak menyerah untuk berjuang lagi. Dengan kepercayaan dirinya, Rico memberanikan diri untuk membuka bisnis baru.

Drop-out Dari Kampus

Setelah lulus SMA, Rico melanjutkan kuliah di Binus University. Namun tidak sampai selesai, Rico memilih drop-out dari kuliahnya dan fokus mengembangkan bisnis. Sempat ada yang meremehkan Rico karena bisnisnya yang bangkrut dan malah drop-out dari kuliah. Namun hal itu tidak menjadi kendala bagi Ricco untuk tetap berjuang tanpa memperdulikan cibiran dari orang lain.

Bisnis Online Shop

Kali ini Rico memcoba untuk menyelami bisnis online. Rico membangun bisnis sksesoris handphone dan memasarkannya melalui sosial media seperti facebook, kaskus dan instagram. Online shop yang Rico bangun ternyata mendapat respon yang positif dari pasaran. Rico menjadi supplier aksesoris handhpone yang menerima pesanan hingga puluhan bahkan ratusan aksesoris handphone secara online. Setelah empat tahun menekuni bisnis dengan label Alona Gadged, kini Rico telah memiliki sekita 2000 reseller.

Dari semua akun sosial media yang ada, instagram menjadi satu yang sangat membantu bisnisnya. Saat itu Rico mulai belajar mendalami strategi pemasaran secara online melalui instagram. Hasil dari proses belajarnya Rico rangkum dalam sebuah buku yang berjudul “Jago Jualan di Instagram”

Baca juga7 Hal, Belajar Dari Kisah Sukses Dewa Eka Prayoga

I Follow You, You Follow Me, and Then I Unfollow You

Strategi ini yang dipakai Rico dalam bisnis online shopnya dan telah berhasil melambungkan namanya hingga memiliki ribuan reseller yang membantu untuk memasarkan produknya. Cara kerja strategi tersebut adalah pada awalnya Rico mencari akun competitor kemudian mengecek jumlah followersnya.

Apabila followersnya banyak, Rico memfollow semua followersnya. Karena Kompetitor memiliki target pasar yang sama, maka followers yang difollow adalah orang tertarget juga. Jika following lebih banyak dari followers, maka bisa dilakukan unfollow pada akun yang dirasa tidak aktif.

Tidak hanya berlaku di mall, harga coret juga berlaku di istragram. Mayoritas user instagram sangat menyukai harga coret, terutama wanita dan ibu-ibu muda. Pada awalnya Rico bisa mendapat 10-20 order per harinya, namun sampai sekarang Rico bisa mendapat omset 100-150 juta/bulannya.

Baca jugaKisah Sukses Jack Ma yang Menginspirasi

Setelah jatuh bagun selama 4 tahun, saat ini Rico Huang menjadi pimpinan PT. Alona Indonesia Raya yang saat ini perusahaannya menaungi beberapa bisnis, seperti DropshipAja.com, PasukanAlona.com, dan Laperma.co.id. Rico juga telah menerbitkan buku dengan judul “Dropship Mastery”.

Itulah sedikit ulasan mengenai Kisah Sukses Rico Huang dalam bisnis online shop. Inspiratif sekali ya. Bagi anda yang tertarik ingin memulai bisnis online, jangan takut belajar dan jangan takut mencoba. Semoga bermanfaat.