3 Hal inilah yang Dilakukan oleh Para Pengusaha Sukses dalam Merintis Bisnis

Banyak orang ingin menjadi seorang pengusaha dan memiliki bisnis yang terus berkembang. Namun, tidak banyak yang akhirnya benar-benar menjadi seorang pengusaha. Kebanyakan mereka menyerah karena salah langkah.

Kali ini, kita akan mengupas apa yang telah dilakukan oleh para pengusaha sukses dalam membangun usahanya mulai dari nol, hingga akhirnya mereka benar-benar menjadi seorang pengusaha dengan omset ratusan juta bahkan milyaran rupiah.

Banyak pengusaha yang dulunya berjaya kemudian jatuh bahkan minus sekian ratus juta sampai sekian milyar, namun mereka bisa bangkit kembali dari minus hingga mereka punya omset yang fantastis.

Menjadi seorang pengusaha bukan bicara tentang seberapa besar omset yang bisa anda peroleh, namun bagaimana anda bisa tetap bertahan manakala jatuh dan terpuruk, karena hakikatnya bisnis itu adalah sesuatu yang tidak pasti dan tak bisa dilogika seperti matematika.

Bila dalam matematika kita tahu bahwa 1 + 1 = 2, maka dalam bisnis 1 + 1 bisa sama dengan 3, 100 bahkan bisa nol dan minus sekalipun. Untuk itu belajar dari para pengusaha yang sudah sukses lakukan beberapa hal ini bila anda ingin menjadi seorang pengusaha.


1. Mengubah Mindset

Hal pertama yang harus dilakukan oleh para calon pengusaha ialah mengubah mindset mereka terlebih dahulu. Mindset yang benar merupakan sesuatu yang fundamental sebelum melangkah ketahap berikutnya.

Dengan mindset yang benar tentang menjadi seorang pengusaha anda akan lebih bijak dalam mengambil setiap keputusan untuk menyelematkan bisnis anda kala terpuruk dan mengembangkan bisnis anda agar lebih berjaya.

Bila mindset anda telah benar, artinya anda telah siap menjadi pengusaha. Namun, bila belum anda harus terus berubaha mengubah mindset anda sampai anda benar-benar siap menjadi pengusaha.

Mindset seperti apa yang harus anda ubah?

Pertama anda harus mengubah keraguan anda menjadi keyakinan. Yakinlah bahwa anda bisa menjadi pengusaha. Yakinlah bahwa anda akan bisa mencari solusi dari setiap permasalahan yang akan anda temui saat menjalani bisnis anda. Hilangkah keraguan menjadi keyakinan.

Tak bisa dipungkiri bahwa modal menjadi salah satu penghambat bagi sebagian orang yang ingin memulai bisnis. Ubah mindset anda bahwa modal terbesar anda yang harus anda miliki sebenarnya adalah sumber daya diri anda sendiri.

Banyak diluar sana yang memulai bisnis bahkan dengan modal yang sangat sedikit. Anda bisa menjadi dropshiper menjual kemampuan anda dan lain sebagainya yang sifatnya dengan modal yang minim. Berfikirlah terus untuk mencari solusi ketimbang hanya memikirkan masalah. Melangkahlah dan jalanilah...

Dalam membangun keyakinan diri, libatkanlah Tuhan. Manusia hanya bisa berencana, Tuhan tetap yang menentukan. Libatkan Tuhan dengan banyak bersedekah, banyak beribadah, banyak berdo'a, menyantuni anak yatim dan lain sebagainya. Karena ternyata para pengusaha sukses yang saat ini telah menuai hasil usaha yang di bangunnya, merupakan orang-orang yang dermawan.

Kunci pertama anda harus yakin, yakin dan yakin bahwa anda bisa!

Baca juga :

2. Mulailah Melangkah (Action)

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dimulai, tidak hanya difikirkan saja. Percuma bila anda memiliki segudang ide bisnis namun anda tak kunjung memulai bisnis anda. Anda bisa menyoncek bisnis-bisnis yang sudah maju. Lihat polanya, lihat tampilannya, lihat produk nya dan lain sebagainya, kemudian tiru dan modifikasi.

Bagaimana anda bisa memulai bisnis anda?

Jawabnya mudah "melangkahlah saja...", anda tidak akan pernah tahu cara memulainya bila anda tidak pernah melangkah. Urusan nanti bagaimana pikirkan sambil berjalan. Karena, para pengusaha yang sekarang sukses pun dulu juga tidak tahu apa yang harus mereka lakukan. Namun, mereka terus melangkah... melangkah... dan melangkah...

3. Fokus

Ketika awal-awal memulai bisnis dan anda melihat bisnis anda mulai berjalan, jangan terburu-buru untuk membuka bisnis baru atau bisnis lain. Fokus dulu pada satu bisnis yang sedang anda geluti saat ini.

Berdasarkan pengalaman para pebisnis yang sudah sukses saat ini, mereka pernah jatuh karena mereka dulu saat awal memulai bisnis tidak fokus dengan bisnisnya. Karena terlalu menggebu-gebu mereka akhirnya ingin memiliki bisnis yang bermacam-macam yang justru membuatnya tidak fokus kemudian gagal.

Besarkan satu bisnis anda dulu hingga anda bisa membuka cabang bisnis anda di tempat lain. Dalam membuka cabang baru pun anda tidak boleh terburu-buru. Jangan cari modal lagi dari selain bisnis anda. Maksudnya, untuk membuka cabang baru modalnya harus dari bisnis anda yang pertama jangan sampai berhutang. Begitu dan seterusnya hingga anda bisa membuka cabang-cabang yang lain.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang dilakukan oleh para pengusaha yang sudah sukses dalam membangun bisnis mereka. Bisnis itu merupakan sesuatu yang tidak pasti seperti matematika. Mental dan keyakinan yang kuat merupakan kunci utama bila anda ingin memulai bisnis. Selamat berjuang membangun bisnis...