Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri, Mana Yang Lebih Baik ?

Mungkin anda masih bertanya-tanya, sebenarnya mana yang lebih baik, jualan di marketplace atau jualan di toko online sendiri? Nah, sebelum menentukan untuk jualan di marketplace atau toko online sendiri alangkah lebih baiknya anda pahami dulu apa itu marketplace dan apaitu toko online?

Marketplace adalah suatu tempat untuk mempertemukan penjual dengan pembeli dan menyediakan fasilitas serta infrastruktur untuk membantu kedua pihak (penjual dan pembeli) dalam melakukan transaksi secara aman, mudah dan nyaman.

Mudahnya, kalau dalam dunia nyata kita mengenal pasar atau mall, sementara di dunia online pasar atau mall itu kita sebut sebagai marketplace, dimana disana merupakan tempat berkumpulnya banyak penjual dan pembeli. Jadi, marketplace tidak menjual barangnya sendiri.

Namun, cara kerja marketplace disini tidak hanya sebagai tempat untuk menjual dan membeli barang, namun lebih dari itu marketplace menjadi mediator antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi untuk memastikan transaksi yang dilakukan lebih aman. Beberapa contoh marketplace adalah bukalapak, tokopedia, shopee, lazada, alibaba dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah gambaran cara kerja di marketplace.

  1. Anda menjual di marketplace dengan cara upload barang dan deskripsi barang.
  2. Pembeli menemukan barang yang anda jual di marketplace dan ingin membeli barang tersebut. Kemudian pembeli melakukan transfer pembayaran namun bukan kepada anda melainkan kepada pihak marketplace.
  3. Anda mengirim barang ke pembeli dan anda akan menerima pembayaran dari marketplace apabila barang telah diterima oleh pembeli.

Dengan cara kerja tersebut apabila barang tidak sampai kepada pembeli setelah transaksi pembayaran dalam rentang waktu tertentu, pihak marketplace akan mengembalikan dana yang telah di transfer kepada pembeli lagi. Sehingga transaksi melalui marketplace akan lebih aman dilakukan.

Jualan di Marketplace atau di Toko Online Sendiri?
Image by 200 Degrees from Pixabay

Bagaimana dengan toko online ?

Bila anda ingin jualan di toko online tentu anda harus punya toko online sendiri dan bentuk website. Toko online adalah toko dalam bentuk virtual yang menampilkan barang-barang yang anda jual.

Nah, sekarang mari kita lihat kelebihan dan kekurangan jualan di marketplace.

Kelebihan Jualan di Marketplace

  1. Marketplace telah dilengkapi fitur-fitur yang mendukung untuk memudahkan kita dalam menjual maupun membeli barang sehingga sangat mudah digunakan tanpa harus ribet dan mengeluarkan biaya yang banyak untuk menyewa jasa pembuat website e-commerse. Tentu ini sangat disukai oleh pemula.
  2. Di marketplace sudah barang tentu banyak di kunjungi oleh orang-orang yang ingin berbelanja, sama seperti halnya "pasar". Sehingga, mereka akan lebih mudah untuk menemukan jualan anda.

Kekurangan Jualan di Marketplace

  1. Di Marketplace memang banyak calon pembeli yang datang. Namun, disana banyak pula penjual yang menjual barang dagangan sama seperti yang anda jual. Disini persaingan harga bisa sangat ketat, karena bisa saja calon pembeli anda menemukan barang yang sama seperti yang anda jual di tempat jualan orang lain dengan harga yang lebih murah dan pelayanan yang lebih baik.
  2. Anda hanya numpang jualan di marketplace sehingga anda harus taat dan patuh dengan segala ketentuan dan aturan dari marketplace. Artinya, anda tidak punya kontrol penuh atas jualan anda di marketplace, tempat jualan anda bisa saja di blokir apabila menyalahi aturan yang berlaku di marketplace. Bisa saja suatu saat marketplace memasang tarif untuk jualan di tempatnya atau melarang produk tertentu untuk dijual lagi di marketplace.

Nah, selanjutnya sekarang mari kita lihat kekurangan dan kelebihan jualan di toko online sendiri.

Kelebihan Jualan di Toko Online Sendiri

  1. Anda memiliki kontrol penuh atas toko online anda.
  2. Hanya ada anda yang berjualan. Sehingga calon pembeli anda tidak mudah menyasar ke tempat jualan orang lain.
  3. Dengan memiliki website sendiri anda sedang membangun brand bisnis anda sendiri. Orang akan fokus pada brand anda dan akan lebih mudah mengingat nama bisnis anda.

Kekurangan Jualan di Toko Online Sendiri

  1. Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa orang yang bisa membuat toko online, kecuali bila anda bisa membuatnya sendiri.
  2. Anda harus sewa domain dan hosting atau VPS. Beda kalau anda jualan di marketplace yang bisa anda nikmati secara gratis.
  3. Anda harus bisa bisa mendatangkan pengunjung ke toko online anda. Ini adalah pekerjaan yang tidak bisa dibilang mudah juga. Sehingga anda harus bekerja lebih keras untuk mengumpulkan orang-orang agar mau mengunjungi toko online anda.
  4. Pengunjung baru biasanya akan ragu membeli di toko online anda karena takut tertipu barang tidak dikirim setelah transfer dan uang tidak bisa kembali.

Nah, lalu mana yang lebih baik anda pilih?

Tujuan anda menjalan bisnis di internet adalah membangun brand bisnis anda agar mudah dikenal dan semakin dikenal orang. Jadi, lebih baik anda memilih kedunya "jualan di marketplace dan di toko online sendiri". Mengapa?

Bila suatu saat anda harus meninggalkan marketplace karena alasan tertentu anda masih memiliki toko online yang bisa anda kontrol sendiri secara penuh.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang perlu anda perhatikan lagi sebelum memilih jualan di marketplace atau toko online sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat...