30+ Daftar Peluang Bisnis Menjanjikan 2019

Meskipun kita sudah berada di pertengahan tahun, namun kita masih memiliki peluang usaha menjanjikan yang bisa kita mulai dari sekarang. Secara garis besar, kita bisa membagi peluang usaha di tahun 2019 ini menjadi 2 kategori, yaitu bisnis online dan bisnis offline.

Namun, bagaimana memilih suatu usaha yang bisa menjanjikan keuntungan besar bagi kita?

Sebelum anda membaca mengenai ide bisnis 2019 yang menjanjikan dalam artikel ini, alangkah baiknya anda memahami dulu tentang bagaimana atau langkah awal apa yang harus anda lakukan sebelum memulai bisnis.

Setidaknya ada beberapa hal yang benar-benar harus anda perhatikan bila ingin memulai bisnis, yaitu:

1. Tidak ada bisnis yang benar-benar menjajikan keuntungan bila anda tidak bekerja keras untuk memulainya.

Ya! Kebanyakan orang ingin hasil cepat dengan untung yang besar. Namun, mulai sekarang berhentilah berpikir demikian, karena akan selalu ada proses yang harus anda lalui hingga bisnis yang anda bangun benar-benar bisa berjalan dan menguntungkan.

2. Bisnis yang Baik adalah Bisnis yang Dimulai

Tidak ada satupun bisnis didunia ini yang lebih baik kecuali bisnis atau ide bisnis yang dimulai. Percuma, bila anda memiliki ide bisnis yang brilian namun anda tidak memulai dan memperjuangkannya.

Untuk itu, bila anda benar-benar ingin membangun bisnis di tahun 2019 ini, jangan kebanyakan berpikir dan mencari bisnis apa yang sekiranya paling baik untuk dilakukan, tapi perbanyaklah action untuk mewujudkan satu bisnis yang sudah anda pilih.

3. Tidak Semua Bisnis Butuh Modal Uang dengan Jumlah yang Besar

Kita sekarang benar-benar sedang hidup di jaman yang serba mudah, bahkan untuk bisa menghasilkan uang atau membuka usaha, kita bisa memulainya dengan tanpa modal atau dengan modal yang sedikit sekali.

Kalau anda punya modal yang besar, cukuplah lihat peluang di sekitar anda dan pilih satu bisnis yang menurut anda paling potensial, kemudian perjuangkan hingga bisnis itu benar-benar berkembang dan menguntungkan.

Namun, bila modal anda terbatas, maka buka pola pikir anda bahwa di jaman sekarang ini memang benar-benar ada bisnis yang bisa kita mulai dengan modal sedikit namun berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar. Selanjutnya anda hanya tinggal memainkan kreatifitas dan intuisi anda untuk memulainya.

4. Anda Harus Bisa Berpikir tentang Nilai Tambah

Mungkin sudah banyak yang menjalankan bisnis seperti yang anda pilih. Namun, tidak ada kata terlambat untuk memulai sebuah bisnis. Meskipun kompeititor anda banyak, selagi bisnis anda memiliki nilai tambah yang lebih unggul dari kompetitor anda, maka saya yakin bisnis anda akan bisa bersaing.

Untuk itu selalu berpikirlah untuk memberikan nilai tambah dalam bisnis anda.

Gambar oleh rawpixel dari Pixabay

Nah, sekarang saatnya kita melihat beberapa ide bisnis menjanjikan yang bisa anda mulai di tahun 2019 ini. Silahkan anda simak baik-baik dan baca hingga selesai.

8 Ide Bisnis Online Menjanjikan tahun 2019

1. Jualan Produk Fisik
Anda bisa menjual produk fisik berupa pakaian, alat elektronik, bahkan kebutuhan dapur secara online. Misal, ada bisa menjual sembako secara online dengan menawarkan barang anda melalui media sosial.

Untuk menjual produk fisik anda perlu menampilkan dan memberikan deskripsi secara detail mengenai produk anda. Untuk itu, anda perlu memiliki website untuk jualan.

Namun, bila anda tidak ingin membuat wesbite atau anda merasa biaya pembuatan website terlalu mahal, maka anda bisa memanfaatkan marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee dan lain sebagainya untuk jualan. Disana anda bisa jualan secara gratis.

Cara lain jualan produk fisik secara online adalah dengan mempromosikan produk anda melalui media sosial seperti facebook, instagram dan lain sebagainya.

2. Jualan Produk Digital
Produk digital apa saja yang bisa anda jual ? Berikut ini beberapa produk digital yang bisa anda jual, diantaranya :
  1. E-book atau Buku Elektronik
  2. Template Website / Blog
  3. Tools untuk Memudahkan suatu Pekerjaan
  4. Video Pembelajaran atau video e-course

3. Jual Jasa Secara Online
Banyak sekali diluar sana orang yang sukses dalam menjual jasa secara online. Bahkan, bila anda memiliki jasa yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan dunia online, anda juga bisa menjualnya secara online. Misal, jasa sedot wc, jasa foto pre wedding, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa ide jualan jasa secara online yang bisa anda lakukan:
  1. Jasa design grafis
  2. Jasa menulis artikel
  3. Jasa opstimasi SEO
  4. Jasa pembuatan wesbite
  5. Jasa konsultan digital marketing

Demikian tadi beberapa contoh ide jualan jasa secara online menjanjikan yang bisa anda coba. Tentu, masih banyak jasa yang bisa anda tawarkan secara online.

4. Menjadi Affiliate Marketer
Tak hanya mereka yang punya produk sendiri saja yang sukses jualan di internet, bahkan mereka yang tidak punya produkpun banyak yang bisa meraup keuntungan yang besar melalui internet. Salah satu caranya adalah dengan menjadi affliate marketer.

Mudahnya anda menjadi makelar, namun anda lakukan secara online. Anda menawarkan produk orang lain secara online dan anda akan mendapat komisi dari setiap penjualannya.

Baca jugaDapatkan Komisi 10% - 20% dari Program Affiliasi Project.co.id

5. Menjadi Blogger
Apa untungnya menjadi blogger dan menulis artikel di blog kita? Mengapa banyak orang jadi blogger dan menulis artikel-artikel kemudian mempublikasikannya secara gratis? Padahalkan bisa dijual ?

Jangan salah, para blogger bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah dari blog nya. Mereka akan dibayar ketika mereka menayangkan iklan di blognya.

Tidak hanya itu, bila ada orang yang ingin menempatkan artikel di blog mereka, para blogger juga akan mendapatkan bayaran yang nilainya bervariasi. Bahkan blog terkenal bisa menghasilkan hingga puluhan juta perbulan.

6. Menjadi Youtuber
Mengapa banyak orang ingin jadi youtuber? Ya! Ternyata kita bisa mendapat penghasilan dari youtube dengan cara upload video di youtube dan menayangkan iklan google adsense di youtube.

Dari salah satu sumber portal berita nasional menyebutkan bahwa estimasi penghasilan Ria Ricis dari youtbe berkisar Rp. 88.000.000 sampai Rp. 1.413.000.000 per bulan. Gila bukan ?

Tentu untuk mendapat penghasilan yang besar dari youtube anda harus membuat konten yang unik, menarik, bermanfaat serta mendapat subscriber yang banyak.

7. Menjadi Selebgram / Influencer
Saat ini juga banyak influencer di instagram bermunculan. Bila anda memiliki bakat yang instagramabel anda bisa mencoba peruntungan menjadi selebgram.

Bagaimana anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi selebgram ? Caranya dengan endorse. Ya! Anda bisa open promote atau open endorse di akun instagram anda.

8. Membuka E-Course
Sekarang ini sedang sangat banyak e-course yang ditawarkan di internet, terutama berkaitan dengan strategi bisnis dan marketing. Tidak hanya itu, anda juga bisa membuka e-course produk kerajinan, pendidikan anak, parenting dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih sangat banyak ide bisnis online yang menjanjikan tahun 2019 ini yang bisa anda coba. Namun, cobalah untuk terbuka terhadap setiap peluang yang ada dan jangan pernah berhenti memperjuangkan pilihan bisnis anda.

Selanjutnya mari kita simak beberapa ide bisnis offline yang bisa anda jalankan bahkan dari rumah sekalipun.

26 Ide Bisnis Offline Menjanjikan tahun 2019

1. Buka Usaha Kuliner
Siapa manusia di dunia ini yang tidak butuh makan? Tentu semuanya memerlukan makanan, bahkan sekarang sedang trend kuliner yang instagramable.

Anda bisa membuka usaha kuliner bahkan dari rumah dengan cara bekerjasama dengan go food. Jadi, tidak ada alasan bagi andauntuk tidak memulai bisnis kuliner.

Bila modal anda besar, anda bisa membuka warung makan atau restoran yang tidak hanya menyajikan menu yang enak namun juga tempat yang nyaman dan bagus untuk foto-foto. Misal, anda bisa membuka kedai korea dengan tema ala-ala kedai di korea dengan target pasar anda para pecinta drama korea.

Baca juga10 Peluang Bisnis Kuliner Modal Kecil Yang Menjanjikan

2. Buka Usaha Bimbingan Belajar
Masih sama seperti makanan, pendidikan juga merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Sampai kapanpun bisnis pendidikan masih akan memberikan peluang yang cukup baik. Hanya tinggal bagaimana anda bisa berinovasi untuk menjalankan bisnis bimbingan belajarini.

3. Buka Usaha Toko Pakaian Anak dan Dewasa
Tak dapat dipungkiri, saat ini masyarakat sangat memperhatikan penampilan mereka. Pakaian menjadi semacam identitas tingkat sosial bagi sebagain orang. Nah, melihat peluang ini tentu masih besar kemungkinan untuk bisa sukses dari usaha jualan pakaian anak dan dewasa bukan?

4. Buka Usaha Toko Sembako
Sembako merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Bisnis ini masih sangat diperlukan oleh masyarakat. Bila modal anda besar dan disekitar tempat tinggal anda belum ada toko sembako atau sudah ada namun masih kecil. Cobalah untuk membuka toko sembako yang lebih besar dan lengkap serta menjual secara grosir.

5. Buka Usaha Fotokopi dan Pengetikan
Bisnis ini sangat cocok untuk daerah perkotaan maupun lingkungan yang dekat dengan sekolah dan perkantoran. Jadi, bila anda memiliki lahan dan modal yang cukup untuk membuka usaha fotokopi ini mengapa harus di tunda lagi?

6. Buka Usaha Toko Jamu
Bisnis ini masih sangat berkembang di daerah pedesaan. Cobalah untuk memanfaatkan peluang ini. Biasanya target dari bisnis ini adalah mereka yang sudah usia diatas 40 tahun keatas.

7. Buka Usaha Angkringan / Warung Kopi
Bisnis semacam ini masih sangat di gandrungi oleh anak muda. Bila halaman rumah anda luas, jangan dibiarkan begitu saja mulailah dari halaman rumah anda untuk membuka warung kopi atau angkringan. Berikan fasilitas wifi dan tempat yang bersahabat.

8. Buka Usaha Fotografi
Sekarang ini banyak orang yang menginginkan momen-momen spesial dalam hidup mereka terdokumentasi dengan baik. Ini bisa menjadi sebuah peluang usaha yang menjanjikan dengan modal keahlian fotografi. Bila anda memang punya hobi dan keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya mencoba menawarkan diri untuk membuka jasa dibidang fotografi.

9. Buka Usaha Event Organizer
Bisnis ini juga merupakan bisnis yang masih cukup berpeluang besar untuk dijalankan. Anda bisa membuka Wedding Organizer maupun event organizer lainnya.

10. Buka Usaha Mebel
Kebutuhan perabotan rumah tangga (mebel) masih banyak dibutuhkan masyarakat, termasuk barang-barang antik berbahan dasar kayu. Bila modal anda cukup, cobalah membuka peruntungan bisnis ini.

11. Buka Usaha Rental Mobil
Mobil sudah bukan lagi menjadi kebutuhan, namun kini menjadi semacam gaya hidup bagi masyarakat. Banyak orang ingin terlihat wah dan mewah. Tentu, hal ini bisa menjadi peluang.

Kebanyakan orang, rental mobil untuk kebutuhan perjalanan mereka dan sebagian yang lain untuk gaya hidup.

12. Buka Usaha Jualan Tiket Transportasi
Kebutuhan akan alat transportasi masih akan terus dibutuhkan masyarakat. Meskipun banyak orang telah memiliki kendaraan pribadi, namun tidak bisa dipungkiri bahwa mereka masih membutuhkan alat transportasi lain untuk perjalanan yang lebih jauh. Gunakanlah peluang ini bila anda berada di daerah yang dekat dengan terminal dan perkotaan yang sekiranya membutuhkan tiket pesawat, bus, travel dan lain sebagainya.

Sebenarnya masih sangat banyak ide bisnis yang bisa anda coba, namun lebih baik akan saya bahas di artikel-artikel berikutnya agar artikel ini tidak terlalu panjang. Beberapa peluang usaha lain yang bisa anda coba adalah :
13. Buka Usaha Jasa Sedot WC
14. Buka Usaha Toko Bangunan
15. Buka Usaha Cleaning Service
16. Buka Usaha Toko Gerabah
17. Buka Usaha Cuci Mobil / Motor
18. Buka Usaha Toko Pertanian
19. Buka Usaha Bengkel Motor / Mobil
20. Buka Usaha Percetakan / Offset
21. Buka Usaha Toko Buah
22. Buka Usaha Jasa Bangunan
23. Buka Usaha Travel
24. Buka Usaha Jahit Baju
25. Buka Usaha Kerajinan
26. Buka Usaha Jual Tanaman

Demikian tadi beberapa ide bisnis dan peluang bisnis menjanjikan di tahun 2019 yang masih bisa untuk anda mulai. Ingat sekali lagi bahwa bisnis yang baik itu adalah bisnis yang dimulai. Selamat menjalankan bisnis dan semoga sukses selalu...