Pentingnya Media Sosial dalam Mengembangkan Bisnis Anda

Saat ini tentu berbeda dengan 20 tahun yang lalu, dimana pengguna internet masih sangat sedikit di Indonesia dibandingkan beberapa tahun terakhir yang berkembang sangat pesat sekali. Apalagi keberadaan ponsel canggih dan biaya internet yang murah telah membuka kesempatan hampir semua kalangan untuk mengakses internet.

Sebagai seorang pebisnis tentu anda harus mampu mengikuti arus perkembangan tersebut. Karena, apabila anda berhenti, maka anda akan tertinggal dan tidak mampu bersaing lagi. Untuk itu, pola pikir kita terhadap dunia usaha sudah harus berubah mengikuti segala peluang dan kemungkinan yang bisa kita raih melalui internet.

Data terbaru menunjukkan bahwa pada tahun 2019 ini jumlah pengguna facebook di Indonesia mencapai 120 juta orang atau 44,94% dari total penduduk Indonesia menggunakan facebook dan menduduki peringkat ke-4 sebagai negara dengan pengguna facebook terbanyak di dunia.

Lantas bagaimana dengan pengguna instagram ? Data terbaru menunjukkan bahwa 56 juta orang Indonesia atau 20,97% penduduk Indonesia menggunakan instagram. Tidak hanya itu Indonesia juga merupakan negara peringkat ke-4 sebagai pengguna instagram terbanyak di dunia.

Tentu angka-angka ini cukup fantastis dan memberikan peluang tersendiri bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnisnya lebih luas lagi.

Image by Thomas Ulrich from Pixabay

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana anda bisa memanfaatkan kedua media sosial ini untuk mengembangkan bisnis anda? Berikut ini akan kami sajikan manfaat sosial untuk mengembangkan bisnis anda.

1. Media Pormosi yang Sangat Efektif

Media sosial merupakan media promosi yang sangat efektif dengan biaya yang cukup murah bahkan bisa gratis sama sekali. Kalau dulu anda harus membayar mahal untuk promosi melalui televisi, video, baliho dan lain sebagainya, kini hanya dengan media sosial anda bisa mempromosikan produk anda dengan target yang lebih spesifik sesuai dengan target pasar yang anda inginkan.

Untuk itu pastikan bisnis anda telah memiliki akun media sosial, apapun bisnis tersebut. Bangun interaksi dengan pelanggan anda dan raih kepercayaan dari pelanggan anda untuk terus membeli produk atau menggunakan jasa yang anda jual.

Anda dapat melakukan promosi di media sosial dengan 2 cara, yaitu gratis maupun berbayar (iklan). Dengan mempromosikan bisnis anda secara berbayar, anda bisa menargetkan calon pembeli anda secara lebih spesifik dan tertarget. Tentu, promosi seperti ini akan jauh lebih efektif.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Brand merupakan salah satu faktor penting agar bisnis anda semakin dikenal dan melekat dalam diri customer anda. Untuk itu, manfaatkanlah media sosial seperti facebook dan instagram untuk memperkenalkan bisnis anda dengan ciri khas dari bisnis anda sendiri.

Bangun reputasi bisnis anda, perbanyak followers media sosial anda dan bangun kepercayaan calon pembeli anda, biarkan mereka terpukau dengan bisnis anda ketika mereka menemukan dan membuka media sosial bisnis anda.

3. Media Sosial dapat Anda Manfaatkan untuk Melihat Kompetitor-Kompetitor Anda

Tidak hanya anda yang menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka. Namun, banyak sekali diluar sana yang memiliki bisnis yang sama dengan bisnis anda dan mengenalkan bisnis mereka kepada khalayak melalui media sosial. Ini adalah kesempatan untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Bagaimana caranya ?

Amatilah bagaimana kompetitor anda memanfaatkan media sosial untuk mengembangkan bisnis mereka, bagaimana mereka melayani konsumen dan bagaimana dengan produk mereka. Kemudian, tirulah dan lakukan sebuah inovasi dengan membuat bisnis anda lebih lengkap dan lebih baik dari kompetitor anda.

4. Media Sosial Membantu Anda Mempelajari Mengenai Pelanggan Anda

Tak hanya untuk promosi dan membangun brand awareness, sosial media juga bisa anda manfaatkan untuk mengenali kebutuhan pasar atau calon pelanggan anda. Sehingga, anda bisa menyediakan apa yang menjadi kebutuhan mereka.

Nah, sudahkah bisnis anda memiliki media sosial ? Kalau belum segera buat akun media sosial untuk bisnis anda dan pukau calon pelanggan anda.

Demikian tadi beberapa hal yang mendasari mengapa penggunaan media sosial sangat penting untuk mengembangkan bisnis anda di era sekarang ini. Semoga bermanfaat...