Cara Melihat Peluang Usaha Baru yang Menguntungkan

Menjadi seorang pengusaha sukses tentu bukanlah sebuah perkara yang mudah dan bisa anda raih dalam waktu sekejap. Sebelum memulai usaha baru anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara melihat peluang usaha yang menguntungkan sehingga cita-cita anda memiliki usaha sendiri bisa anda raih dalam waktu yang lebih cepat.

Sebagai seorang pengusaha baru mungkin anda merasa kesulitan dalam melihat peluang bisnis yang menguntungkan. Padahal banyak sekali peluang bisnis disekitar kita yang bisa kita jalankan dengan hasil yang bisa dibilang tidak kecil bila kita benar-benar bisa mengembangkan peluang tersebut.

Cara Melihat Peluang Usaha Baru yang Menguntungkan
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Perlu menjadi sebuah catatan bahwa "peluang bisnis tidaklah datang begitu saja, adakalanya kita harus menciptakan peluang itu sendiri". Sebenarnya, kalau kita mau berpikir lebih jeli, ada banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita temukan dengan melihat lingkungan di sekitar kita.

Anda bisa mulai mencari peluang bisnis dengan melihat permasalahan atau kebutuhan masyarakat yang ada di sekitar anda. Selain itu, anda juga bisa mulai mencari peluang bisnis dengan melihat potensi yang anda miliki. Nah, berikut ini adalah beberapa cara melihat peluang usaha baru yang bisa anda coba sekarang.

1. Melihat Peluang Usaha dengan Mengamati Masalah dan Kebutuhan Lingkungan

Cobalah mulai mengamati permasalahan yang banyak dihadapi oleh orang-orang yang berada di lingkungan sekitar atau komunitas dimana anda berada sekarang. Masalah yang dialami oleh orang-orang yang berada di lingkungan sekitar anda bisa menjadi sumber inspirasi bisnis yang sangat baik bila anda mau jeli.

Cobalah mulai mencatat permasalahan-permasalahan apa dan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di lingkungan anda. Beberapa permasalahan mungkin sudah dicover oleh bisnis lain yang sudah lebih dulu buka, namun tidak masalah, selagi menurut anda masih ada peluang disana, maka tidak ada salahnya anda memasukkan peluang tersebut sebagai ide bisnis yang akan anda coba.


Dizaman sekarang kebutuhan tidak hanya sebatas dalam bentuk barang, namun eksistensi diri juga sudah menjadi bagian dari kebutuhan banyak orang. Nah, anda bisa mencoba mulai berpikir untuk memenuhi kebutuhan akan eksistensi diri dari orang-orang yang ada dilingkungan tempat tinggal anda.

Ide bisnis anda tidaklah harus benar-benar baru. Anda bisa memodifikasi bisnis lama dengan memberikan nilai tambah berupa pelayanan yang lebih baik, barang yang lebih lengkap, tempat yang lebih nyaman dan lain sebagainya.

Cobalah anda amati bisnis yang sudah ada di sekitar anda, buat sebuah catatan apa kekurangan dan kelebihannya. Dengan cara ini, anda bisa mengembangkan peluang bisnis yang lebih baik dari yang sudah ada sebelumnya.

Cara Melihat Peluang Usaha Baru yang Menguntungkan

2. Melihat Peluang Usaha dengan Melihat Potensi yang Anda Miliki

Harus anda pahami bahwa setiap manusia diciptakan unik dengan potensi dan kemampuannya masing-masing, termasuk anda. Cobalah melihat potensi yang anda miliki. Adakah sesuatu yang bisa anda jual dari kemampuan anda ?

Bila anda punya keahlian memotivasi orang, maka anda bisa membuka lembaga training dan motivasi. Bila anda punya kemampuan dalam mengelola suatu bisnis secara efektif dan efisien, maka hal ini juga bisa menjadi peluang usaha baru dengan menjadi konsultan atau mentor bisnis.

Tidak hanya itu, hobi anda pun sebenarnya juga bisa anda jadikan sebagai ide bisnis. Coba catat beberapa hobi yang anda miliki dan lihat secara jeli apakah ada peluang bisnis di dalamnya. Bila ada, maka bisa segera anda eksekusi sekarang juga.

Banyak para pelaku bisnis yang telah merasakan kesuksesan dengan mengubah hobi mereka menjadi sebuah peluang bisnis baru, sehingga mendatangkan pundi-pundi uang di kantong mereka. Keuntungannya, bila anda bisa menjadikan hobi anda sebagai bisnis adalah anda akan lebih senang dalam melakukan pekerjaan bisnis anda.

Bila anda menyukai pekerjaan anda, maka seberat apapun dan sebanyak apapun rintangan yang harus anda lalui, anda akan bisa tetap bertahan dan tidak akan merasa terbebani. Bukankah akan sangat menyenangkan bila anda memiliki "hobi yang dibayar" ?

3. Melihat Peluang Usaha yang Sudah Terbukti Sukses di Daerah Lain

Cara ini merupakan cara yang cukup mudah anda lakukan karena anda hanya tinggal menyontek saja dengan menyesuaikan keadaan yang anda hadapi sekarang dan lingkungan di sekitar anda.

Cobalah anda mencari bisnis di luar daerah yang sudah terbukti berkembang, lihat pola mereka dalam mengemas bisnisnya. Bila di daerah anda belum ada bisnis serupa atau masih minim kompetitornya, maka hal ini bisa menjadi sebuah peluang yang cukup perlu anda eksekusi segera.

Tentu, anda harus juga menyesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar anda, jangan sampai konsep bisnis di perkotaan anda bawa ke dalam konsep bisnis di pelosok pedesaan.

Anda juga bisa mencari produk-produk yang banyak disukai oleh mayoritas masyarakat disekitar anda, kemudian anda cari suppliernya dari luar daerah anda. Misal, kebanyakan orang pasti suka camilan. Anda bisa ambil spesifikasi camilan pedas. Kemudian mencari produsen maupun suplier camilan pedas yang ada di luar daerah anda dan jual kembali produk itu di daerah anda.

Semakin khas produk anda dan semakin minim kompetitornya di daerah anda, maka akan semakin baik untuk keberlangsungan bisnis anda kedepan.

4. Menciptakan Sesuatu yang Baru dan Bernilai Jual

Untuk bisa menciptakan suatu produk baru dan bernilai jual, anda tentu perlu benar-benar memiliki kemampuan dan daya kreativitas serta inovasi yang sangat tinggi. Anda harus bisa menggabungkan berbagai macam unsur dan data-data terkait kebutuhan pasar dan peluang yang ada di dalamnya.

Keuntungannya, anda akan memiliki produk yang benar-benar unik dan belum ada sebelumnya sehingga tingkat kompetisi anda akan semakin rendah. Namun, anda harus bersabar karena mungkin produk anda akan membutuhkan waktu yang tidak singkat supaya bisa memenangkan hati para pelanggan anda. Disinilah anda di tuntut untuk memiliki kemampuan pemasaran yang lebih agar produk anda bisa segerang booming saat di launcing pertama kali.

Sebaiknya anda baca juga :

Cara Melihat Peluang Usaha Baru yang Menguntungkan
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

5. Mengemas Bisnis Lama dengan Konsep Bisnis Baru

Adakalanya anda tidak harus benar-benar membuat sebuah bisnis atau produk baru bila anda ingin membuka sebuah bisnis baru. Anda bisa mengubah bisnis lama dengan kemasan dan konsep yang baru.

Misal, anda mengetahui bahwa kebutuhan kaum millenial saat ini adalah koneksi internet, listrik, tempat yang instagramabel dan nyaman. Anda bisa membuat sebuah konsep babershop yang mampu memenuhi kebutuhan kaum millenial tersebut.

Anda bisa membuat babershop yang ada kedai kopinya, ada koneksi internetnya, ada colokan listriknya, ada AC nya dan tempatnya instagramabel. Sehingga, pengunjung anda akan betah menunggu antrian untuk potong rambut karena anda memanjakan mereka dengan berbagai macam fasilitas yang ada. Bagaimana ?

Cobalah mulai mengamati kedai kopi yang ada disekitar anda, warung sembako yang ada disekitar anda, dan bisnis-bisnis lainnya. Cobalah berpikir untuk membuat sebuah konsep baru dalam bisnis tersebut. Bisnis baru tidak harus benar-benar dengan produk yang baru, tapi bisa anda lakukan dengan mengubah bisnis lama dengan konsep yang baru, seperti memberikan kenyamanan belanja yang lebih baik, memberikan kemudahan transaksi, memberikan diskon dan lain sebagainya. Jangan lupa pula untuk menghitung secara detail bisnis anda.

Nah, demikian tadi beberapa cara melihat peluang bisnis baru yang menguntungkan yang mungkin bisa anda coba. Kuncinya adalah action, sebaik apapun konsep dan ide bisnis yang anda miliki kalau tidak ada action maka hasilnya akan nilih.

Hilangkan semua keraguan yang anda miliki, karena kebanyakan orang pada akhirnya tidak pernah mengeksekusi ide bisnis mereka karena mereka terlalu lama berpikir dan terlalu ragu untuk memulainya. Anda tidak akan pernah tahu hasilnya kalau anda tidak pernah mencoba. Semoga bermanfaat...