Strategi Menerapkan Digital Marketing untuk Pemula di Indonesia

Kemajuan dibidang teknologi telah membuat trend di dunia bisnis semakin bervariasi. Salah satunya adalah trend digital marketing. Dewasa ini digital marketing sudah menjadi sesuatu yang umum dilakukan di dunia bisnis dan anda sangat perlu menerapkan strategi digital marketing yang tepat bila anda ingin bertahan ditengah derasnya persaingan bisnis saat ini.

Bila anda merupakan pemula yang ingin menerapkan strategi digital marketing, anda tidak perlu khawatir tidak akan bisa melakukannya, karena sebenarnya ada beberapa cara mudah yang bisa anda terapkan untuk menjalankan digital marketing ini.

Kunci dari digital marketing sebenarnya adalah konsistensi. Anda dituntut untuk secara konsisten menerapkan strategi-strategi digital marketing, karena anda harus terus update secara realtime memperkenalkan atau mempromosikan produk anda kepada orang yang tepat di waktu yang tepat.

Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang digital marketing ini, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu "digital marketing ?".

Apa itu Digital Marketing ?

Digital marketing merupakan serangkaian kegiatan pemasaran atau promosi suatu brand / produk yang dilakukan melalui media digital atau internet dengan tujuan menarik calon pembeli atau calon konsumen secara cepat.

Digital marketing memiliki banyak sekali kelebihan bila kita menerapkannya di dalam bisnis kita. Maka, tidak heran bila banyak perusahaan-perusahaan besar maupun kecil yang menerapkan digital marketing ini. Berikut, beberapa kelebihan digital marketing :

1. Jangkauan yang Luas

Dengan menerapkan digital marketing anda bisa menjangkau calon konsumen anda secara lebih luas dibandingkan menggunakan startegi marketing konvensional. Tidak hanya pasar dalam negeri, bahkan anda bisa menargetkan pasar luar negeri.

2. Lebih Terukur dan Tertarget

Anda bisa dengan mudah mengukur keberhasilan promosi anda di internet, karena banyak sekali platform (media sosial) yang menyediakan fitur yang berisi data-data tentang promosi anda sehingga anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang melihat promosi anda, dimana lokasi mereka, kapan mereka melihat promosi anda, di rentang usia berapa orang-orang yang melihat promosi anda, bagaimana tingkat konversinya dan lain sebagainya.

Nah, dengan mengenali produk anda dengan baik, anda juga bisa menargetkan calon konsumen anda berdasarkan pada minat, usia, lokasi, dan lain sebagainya. Inilah mengapa penggunaan digital marketing bisa lebih terukur dan tertarget.

3. Penyebaran yang Cepat

Dengan menerapkan digital marketing, anda bisa menyebarkan / mengenalkan produk anda dengan biaya yang relatif lebih murah dan bisa menjangkau banyak orang dalam waktu yang relatif cepat. Anda bisa menggunakan media sosial seperti facebook, instagram, youtube, blog dan lain sebagainya untuk mempromosikan produk anda.

Strategi Menerapkan Digital Marketing untuk Pemula di Indonesia
Gambar oleh Photo Mix dari Pixabay

Setelah mengetahui kelebihan digital marketing, sekarang saatnya anda belajar bagaimana anda bisa menerapkan strategi digital marketing ini untuk bisnis anda. Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang bisa anda terapkan.

1. Kenali secara Baik Produk Anda dan Siapa Marketnya

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali secara baik seperti apa sih produk anda itu ?

  • Siapa yang membutuhkan produk anda?
  • Dimana orang-orang yang membutuhkan produk anda itu berkumpul ?
  • Berapa usia konsumen yang cocok untuk produk anda ?
  • Berapa kira-kira budget yang ada di kantong mereka ?
  • Media seperti apa yang efektif untuk menggambarkan produk anda ? Apakah video, text ataukah gambar ?

Semakin banyak pertanyaan dan semakin banyak jawaban yang bisa anda temukan akan semakin baik, karena anda akan semakin detail bisa menargetkan calon konsumen anda.

2. Menyiapkan Kelengkapanya

Apa saja kelengkapan yang harus anda miliki untuk menjalankan digital marketing ini ? Berikut beberapa kelengkapan yang harus anda siapkan :

  • Perangkat komputer / laptop
  • Smartphone
  • Koneksi interet
  • Software editing gambar atau video
  • Kamera

Tentu, banyaknya kebutuhan kelengkapan yang harus anda siapkan bergantung pada bagaimana cara anda ingin mempromosikan produk anda. Kalau anda ingin promosi dalam bentuk video, tentu anda memerlukan satu set perlengkapan untuk pembuatan video beserta software editingnya.

Kalau anda tidak memiliki perlengkapan sendiri atau anda tidak tahu bagaimana cara untuk membuat media promosi yang menarik, anda bisa menggunakan jasa fotografer, designer, video editor dan lain sebagainya. Permudahlah urusan anda, kecuali kalau dana anda minim, maka anda harus siap menghandel semuanya sendiri.

3. Menggunakan Media Sosial yang Tepat

Menentukan media sosial yang tepat adalah langkah yang sangat penting untuk menjalankan promosi secara digital. Mengapa ? Dengan memilih media sosial yang tepat maka promosi anda akan semakin efektif dan tertarget.

Misal, anda ingin menjual produk kelengkapan pendakian, dimana kira-kira anda bisa menjual ? Anda bisa menjual di instagram maupun di forum jual beli yang ada di facebook yang menjual aneka produk kelengkapan pendakian.

Bila anda ingin menjual produk yang dikemas dalam media promosi gambar yang menarik, tentu instagram adalah pilihan yang sangat tepat. Namun, kalau anda menginginkan promosi dalam bentuk video maka Youtube menjadi tempat yang sangat cocok untuk promosi anda. Media sosial apa saja yang bisa anda manfaatkan untuk menerapkan digital marketing ini ?

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Youtube
  • Blog / website

Yang perlu menjadi catatan adalah jangan menggunakan terlalu banyak media sosial, karena akan membuat anda kurang fokus dan menghabiskan energi serta waktu anda untuk mengurus semua media sosial yang anda miliki. Kecuali anda memiliki dana lebih untuk menyewa orang dalam mengelola media sosial bisnis anda.

4. Siapkan Konten

Konten adalah apapun yang anda unggah di media sosial anda, seperti gambar, text, video, maupun audio. Dalam membuat konten, buatlah konten yang memiliki value atau nilai yang bermanfaat untuk calon konsumen anda. Kalau anda jualan produk kecantikan, anda tidak harus mengupload gambar produk anda semua, anda bisa membuat video tips merawat wajah agar tetap cantik, baru dalam video itu anda memperkenalkan produk anda.

Siapkan konten yang bernilai setiap hari untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen anda terhadap produk anda. Konten seperti apasaja yang bisa anda siapkan ?

  • Kalau anda menjual produk pertanian, anda bisa membuat tips merawat tanaman agar hasil panen melimpah dalam bentuk text yang di muat di blog atau video yang di upload di youtube.
  • Kalau anda menjual produk kaos cumtom (kaos design suka-suka konsumen), anda bisa membuat tips merawat kaos dan sablon kaos agar awet dan tetap bagus.
  • Kalau anda menjual tentang produk perlengkapan memancing anda bisa membuat konten tentang tempat-tempat memancing yang bagus sebelum anda menjual produk perlengkapan memancing yang anda jual.

5. Lakukan Secara Konsisten dan Telaten

Nah, ini adalah kunci dari semua kunci digital marketing. Anda harus melakukan secara konsisten, misal anda harus upload minimal 3 foto produk setiap hari di instagram, membuat 1 video setiap hari di youtube dan lain sebagainya. Memang proses ini mungkin akan sangat melelahkan, namun anda harus tetap yakin bahwa akan ada hasil yang pasti anda dapatkan dikemudian hari.

Nah, demikian tadi beberapa strategi menerapkan digital marketing untuk pemula yang bisa anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat.