√ 9+ Ide Bisnis Online yang Menjanjikan di Indonesia

Apakah anda sedang mencari ide bisnis online yang menjanjikan di Indonesia ? Selamat karena anda telah menemukan webiste ini dan kami akan memberikan beberapa pilihan peluang bisnis online di Indonesia yang bisa anda coba.

Bisnis online merupakan segala kegiatan bisnis yang dilakukan secara online. Saat ini, bisnis online merupakan bisnis yang sedang di gandrungi oleh banyak orang karena keleluasaan waktu untuk menjalankannya serta jangkauan pasarnya yang sangat luas.

Tidak hanya pelaku bisnis online lama saja yang kini banyak kita temui di internet. Namun, banyak juga diantara para pelaku bisnis baru yang membawa bisnis mereka ke dunia online (bisnis go online) baik dari pelaku perusahaan besar maupun perusahaan baru yang masih rintisan.

Banyaknya bermunculan para pelaku bisnis online baru ini juga dipengaruhi oleh faktor banyaknya peluang bisnis online modal kecil yang bisa dijalankan. Bahkan, internet saat ini tidak hanya menawarkan peluang bisnis online modal kecil yang menjanjikan namun juga menawarkan peluang bisnis online tanpa modal (minim modal) yang bisa menjadi pilihan bagi anda yang saat ini belum memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis yang lebih besar.

Ide Bisnis Online yang Menjanjikan di Indonesia
Ada banyak sekali inspirasi bisnis online modal kecil yang bisa anda coba dan anda bisa memilih salah satu bisnis online terbaik untuk anda lakukan. Namun, sebaik apapun bisnis online tersebut bila tidak anda barengi dengan konsistensi, maka hasilnya tidak akan terlihat.

Bagaimana sudah penasaran ? Berikut ini adalah usaha online yang bisa anda coba:

#1 Jualan di Marketplace

Bisnis online pertama yang bisa anda coba adalah jualan di marketplace. Apa itu marketplace ? Marketplace secara sederhana bisa kita sebut sebagai pasar online, dimana di dalam marketplace itu ada banyak pedagangan online yang menjual produk mereka.

Apa saja barang yang bisa anda jual di marketplace ? Anda bisa menjual pakaian anak, sepatu olahraga, aksesoris HP, pakaian dewasa, dan lain sebagainya.

Di marketplace mana anda bisa menjual produk tersebut ? Anda banyak sekali marketplace yang ada Indonesia ini, namun anda bisa mencoba jualan di beberapa marketplace yang sudah terkenal dan besar seperti bukapalak atau tokopedia.

Keuntungan jualan di marketplace adalah anda tidak perlu memiliki website sendiri, sehingga anda tidak perlu pusing-pusing untuk menyewa jasa pembuat website, sewa hosting, beli domain dan sebagainya. Keuntungan lainnya adalah anda bisa jualan di marketplace secara gratis, meskipun ada juga yang menawarkan versi premiumnya.


#2 Jualan di Media Sosial

Jualan di media sosial bisa menjadi pilihan juga untuk anda coba. Pasalnya banyak orang yang berkumpul di media sosial, bahkan facebook dan instagram menjadi media sosial paling banyak digunakan di Indonesia hingga tahun ini.

Jualan di media sosial juga gratis, anda hanya perlu sering update konten dan produk saja di facebook atau instagram.

Sudah banyak yang membuktikan bahwa media sosial bisa menjadi alat yang ampuh untuk menjalankan sebuah bisnis online dan menjangkau lebih banyak orang untuk memperkenalkan produk / jasa yang kita jual.

Yang perlu anda lakukan adalah siapkan produk anda dan foto dengan konsep yang menarik agar calon pembeli anda tertarik untuk membeli produk anda.

#3 Menjadi Dropshipper

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk anda yang baru mulai bisnis online. Anda bisa menjual produk secara dropship. Dengan cara ini anda tidak perlu modal yang besar karena anda tidak perlu stok barang.

Yang harus anda lakukan hanyalah memasarkan produk suplier anda, selanjutnya apabila ada yang membeli, pembeli tranfer uang ke anda, kemudian anda lanjutkan memesan dan transfer uang ke suplier, berikutnya suplierlah yang akan mengemas dan mengirim produknya ke pembeli. Berikut skema cara kerja menjadi seorang dropshipper.
Skema Dropship System
Bila anda ingin mencoba bisnis dropship ini, anda perlu mencari suplier yang terpercaya dan memiliki respon yang cepat terhadap dropshiper mereka.

#4 Menjual Produk Affiliasi

Bisnis ini juga sangat cocok buat yang baru mulai jualan online. Bisnis ini sama dengan drophip. Jadi, fungsi anda adalah menjadi pihak yang memasarkan produk suplier atau pemilik produk (anda jadi makelar). Bedanya, kalau dalam bisnis dropship lebih ke produk dalam bentuk fisik, sementara pada bisnis affiliasi produknya lebih ke produk digital, seperti template blog, software, design, e-book, e-course dan lain sebagainya.

Anda bisa mengikuti program affiliasi di ratakan.com. Disana ada banyak sekali produk digital dari banyak pemilik produk yang bisa anda pasarkan. Komisinya cukup menggiurkan juga per penjualan produk. Bisa puluhan ribu hingga raturan ribu, bergantung produk yang berhasil anda jual.

#5 Menjadi Konsultan di Bidang Tertentu

Kalau anda masih bingung, mau mulai bisnis apa ? Coba lihat kemampuan diri anda ? Apakah ada sesuatu yang bisa dijual dari kemampuan yang anda miliki ?

Kalau anda ahli dan punya kemampuan di bidang cara mendidik anak, anda bisa mencoba menjadi konsultan parenting. Kalau anda memiliki keahlian dibidang manajemen, anda bisa membuka jasa konsultan manajement.

Intinya adalah cari sesuatu yang bisa anda jual dari potensi anda maupun pengetahuan anda bila anda ingin menjadi konsultan di bidang tertentu.

#6 Membuka Jasa Optimasi SEO

Banyak sekali para pelaku bisnis online yang memerlukan jasa optimasi SEO untuk webiste bisnis mereka. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus untuk anda coba.

Namun, untuk menjalankan bisnis ini, pastikan anda telah benar-benar memiliki kemampuan di bidang optimasi SEO.

Apa itu SEO ? SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengoptimasi sebuah website agar bisa tampil di halaman pertama google dan di urutan teratas.

#7 Membuka Kursus Online

Bisnis yang satu ini cocok untuk anda yang punya keahlian khusus. Cobalah untuk berpikir membuat sebuah kursus online. Bila anda lulusan pendidikan, anda bisa mencoba peruntungan membuka bimbingan belajar online.

Selain itu, saat ini banyak yang membutuhkan informasi dan tutorial mengenai cara-cara beriklan lewat google, facebook dan instagram serta cara untuk optimasi website dan media sosial. Bila anda memiliki pengetahuan dan keterampilan seputar SEO, optimasi instagram, Google Ads dan sejenisnya, anda bisa mencoba peruntungan membuka kursus online di bidang tersebut.

#8 Membuka Jasa Pembuatan Website / Toko Online

Maraknya pelaku bisnis online saat ini telah membuka peluang baru selebar-lebarnya bagi para pemilik jasa pembuatan website / toko online.

Bila anda memiliki keahlian di bidangan ini tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan ini. Anda bisa membuat portofolio webiste yang pernah anda buat dan menyertakan testimoni dari para pelanggan anda. Pasarkan jasa anda kepada para pelaku bisnis online.

#9 Membuka Jasa Menulis Artikel

Jasa menulis artikel juga memiliki tempat serta pasar khusus yang cukup menjanjikan. Biasanya jasa ini dibutuhkan oleh para blogger atau pemiliki bisnis online.

Waktu serta kemampuan menulis biasanya menjadi kendala bagi sebagian pelaku bisnis online. Ini bisa menjadi sebuah kesempatan bila anda memiliki kemampuan menulis dengan cara membuka jasa menulis artikel.

Berapa potensi penghasilan yang bisa anda dapatkan ? Biasanya anda akan dibayar berdasarkan jumlah kata yang harus anda tulis. Ada yang mematok harga Rp. 18.000 untuk 600 kata dan Rp. 30.000 untuk 1000 kata.

Tentu harga tersebut hanya gambaran dan dapat bervariasi bergantung pada kualitas tulisan yang bisa anda buat. Semakin berkualitas, maka anda bisa mematok harga yang lebih tinggi.

#10 Membuka Jasa Optimasi Media Sosial untuk Jualan

Tidak sedikit pula yang membutuhkan jasa optimasi media sosial ini. Siapa yang biasanya membutuhkan jasa ini ?

Yang membutuhkan jasa ini kebanyakan adalah pelaku bisnis online. Biasanya mereka tidak memiliki waktu dan kemampuan untuk mengelola dan mengoptimasi media sosial mereka.

Sebelum membuka jasa ini, anda harus mempelajari terlebih dahulu seluk-beluk seputar optimasi media sosial untuk bisnis online.

#11 Menjadi Blogger Profesional

Sudah banyak sekali contoh blogger yang berhasil mendapatkan penghasilan yang fantastis dari blog mereka. Kalau anda memiliki kemampuan menulis, anda bisa mencoba peruntungan ini.

Dari mana anda bisa menghasilkan uang ? Anda bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan google adsense di blog anda dan anda akan mendapatkan bayaran setiap kliknya.

Selain itu, anda juga bisa memasang tarif bila ada orang yang ingin menanam backlink di blog anda dengan content placement atau menempatkan konten / artikel di blog anda.

Untuk konten placement harganya sangat bervariasi bergantung pada tingkat kualitas dan jumlah visitor blog anda. Selain itu, anda juga bisa mengikuti kompetisi blog berhadiah.

Bila anda ingin mencoba peruntungan ini, tidak perlu ragu dengan modal awal yang harus anda keluarkan untuk membuat blog. Anda bisa membuat blog secara gratis di blogger.com atau wordpress.com. Namun, kalau anda ingin lebih profesional, anda bisa mengunakan platform blog premium / berbayar.

#12 Menjadi Youtuber Profesional

Pernah dengar ada youtuber yang penghasilannya bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta ? Ya, semua itu tidak mustahil. Banyak yang sudah sukses dan menghasilkan hingga puluhan juta hanya dengan menjadi seorang youtuber.

Kalau anda ingin mencoba peruntungan ini, cobalah untuk memulainya dengan memanfaatkan sumberdaya yang anda miliki saat ini seperti smartphone anda untuk merekam video.

Buatlah konsep channel yang menarik dan dibutuhkan banyak orang. Anda tidak harus merekam diri anda sendiri. Anda juga bisa membuat video tutorial. Bahkan ada yang hanya upload rekaman permainan video game dan bisa menghasilkan dari youtube mereka. Tertarik ?

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat channel anda terkenal hingga memiliki minimal 1000 subscriber serta minimal 4000 jam tayang selama 12 bulan. Setelah itu anda baru bisa memonetisasi channel youtube anda.

#13 Menjadi Influencer

Apa itu influencer ? orang Indonesia lebih sering menyebut influencer sebagai selebgram. Buatlah akun istagram dan upload foto-foto anda yang menarik, seperti foto saat traveling dan lain sebagainya.

Bagaimana anda bisa menghasilkan uang dengan menjadi influencer ? Anda bisa dibayar ketika ada pemilik bisnis yang ingin paid promote atau endorse produk mereka di akun instagram anda. Hasilnya lumayan, bisa puluhan hingga ratusan ribu bergantung tingkat kualitas akun dan jumlah follower yang anda miliki.

Apapun bisnisnya tentu yang pertama harus anda pahami adalah ketelatenan, keuletan dan kesabaran. Tidak ada yang benar-benar instan di dunia ini. Anda harus bekerja keras untuk bisa sukses di bidang tertentu.

Demikian tadi beberapa usaha online modal kecil yang bisa anda coba. Sebenarnya masih banyak lagi ide bisnis online di Indonesia yang bisa anda coba dan anda gali sehingga memperkecil tingkat persaingan bisnis anda, karena semakin sedikit pelakunya dan semakin banyak kebutuhan pasarnya akan semakin bagus bisnis anda dalam perkembangannya. Semoga bermanfaat…